HERBA PENAWAR DEMAM

>> Sabtu, 26 Februari 2011


Demam merupakan reaksi tubuh dalam menghadapi ragam gangguan imunitas, maka yang diutamakan dalam menghadapi demam adalah tetap menjaga dan meningkatkan energi serta gizi tubuh, terutama penambahan asupan cairan. Berikut beberapa herbal yang Insya Allah berkhasiat dalam meredakan demam :
1. Madu : 3- 7 sendok makan madu asli yang dicampur dengan segelas air. Minum 3 x sehari
2. Habbatussauda : untuk dewasa 1 sendok teh serbuk habbatussauda. 3 x sehari. Untuk anak-anak 5-7 tetes minyak habbatussauda , 3 x sehari
3. Semangka : 500 – 1000 gr semangka , makan 2 – 3 x sehari
4. Mentimun : konsumsi timun segar atau kompreskan parutan timun
5. Bawang Merah : untuk anak-anak cuci 5 butir bawang merah lalu kupas, kemudian parut dan campur dengan minyak zaitun. Selain minyak zaitun biasanya saya campur dengan minyak but but HPA. Setelah itu balurkan ke tubuh anak terutama bagian ubun2, punggung, perut, paha, lengan dan telapak kaki
6. Labu Air : Juicer labu air, minumkan airnya 3 kali sehari masing-masing ½ gelas. Atau bisa dibuat sayur atau lalapan
7. Minyak zaitun : balurkan ke badan

Perawatan demam panas juga dapat dilakukan dengan cara menempelkan herba-herba yang bersifat dingin. Seperti : daun rambutan, kaca piring, daun bunga raya (kembang sepatu), dll.

Tentu saudara2 bertanya kenapa harus ditempel di perut ? Kita ketahui secara umum bahwa banyak penyakit yang berasal dari perut, seperti hadist Rasulullah bahwa sumber dari segala macam sumber penyakit berasal dari perut. Mekanisme penyembuhan dapat terjadi dalam keadaan perut tidak terlalu panas. Sel T dan Sel – sel B akan menjadi lebih aktif apabila daerah perut didinginkan.

Satu lagi tips yang menurut saya sangat kontroversi dengan yang selama ini orang tua kita ajarkan yaitu ternyata mandi dapat meredakan demam. Sejak saya mengetahui bahwa mandi dapat meredakan demam, maka sewaktu anak2 demam saya tidak ragu2 lagi untuk memandikan mereka. Hadist Rasulullah diriwayatkan dalam kitab Shahih Al Bukhari dan Muslim, dari Nafi' dari Ibnu Umar bahwa Nabi bersabda : " Sesungguhnya demam itu atau demam yang berat itu berasal dari uap api jahannam , maka dinginkanlah dengan air ".

Note :
Sel T adalah sel di dalam salah satu grup sel darah putih yang diketahui sebagai limfosit dan memainkan peran utama pada kekebalan selular. Sel T mampu membedakan jenis patogen dengan kemampuan berevolusi sepanjang waktu demi peningkatan kekebalan setiap kali tubuh terpapar patogen. Hal ini dimungkinkan karena sejumlah sel T teraktivasi menjadi sel T memori dengan kemampuan untuk berkembangbiak dengan cepat untuk melawan infeksi yang mungkin terulang kembali. Kemampuan sel T untuk mengingat infeksi tertentu dan sistematika perlawanannya, dieksploitasi sepanjang proses vaksinasi, yang dipelajari pada sistem kekebalan tiruan.
Sel B adalah limfosit yang memainkan peran penting pada respon imun humoral yang berbalik pada imunitas selular yang diperintah oleh sel T. Fungsi utama sel B adalah untuk membuat antibodi melawan antigen. Sel B adalah komponen sistem kekebalan tiruan.

Semoga Bermanfaat.....

Sumber Tabloid Bekam dan Buku Siri Perubatan Jawi HPA serta wikipedia Indonesia

Read more...

BERBEKAMLAH.............................

>> Sabtu, 09 Oktober 2010

Setiap teman dan keluarga yang saya rekomendasikan untuk menjalankan sunnah Rasul yang satu ini, pada awalnya selalu berkomentar seperti ini “ ihh sakit nggak tuh, kan banyak darah yang keluar” atau “ saya takut dan nggak kuat tengok darah”, dan komentar-komentar lainnya. Sama seperti komentar saya sebelum mengenal bekam. Tapi setelah membaca dan mempelajari manfaat yang luar biasa dari berbekam, semua keraguan dan sedikit rasa sakit yang terasa saat jarum bekam mulai menusuk bagian kulit saya, menjadi hal yang tidak perlu ditakuti lagi.

Alhamdulillah sekali sebulan saya rutin berbekam. Dan mulai banyak teman dan keluarga saya yang merasakan manfaat berbekam.

Banyak sekali hadis yang membicarakan keistimewaan bekam. Seperti yang dikutip dalam buku karangan Dr. H. Briliantono M. Soenarwo seorang dokter spesialis bedah ortopedi “ ALLAH SANG TABIB” :

1. “ Malaikat Jibril telah memberitahuku, bahwa hijamah (bekam) adalah obat yang paling bermanfaat bagi manusia.”
2. “ Tidak ada obat yang bisa diseterakan dengan berbekam dan mengeluarkan darah.”
3. “ Dalam hijamah mengandung obat penyembuh.”
4. “ Sesungguhnya sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah berbekam.”
5. “ Pada malam aku di-isra’kan, aku tidak melewati sekelompok malaikat kecuali mereka mengatakan “ Hai Muhammad, suruhlah umatmu untuk melakukan bekam!.....”.
6. “ Berbekam mengandung obat dan keberkahan, serta menambah kuat hafalan dan pemahaman”.

Konsep pengobatan dengan bekam sesungguhnya sangat sederhana. Yakni meyakini bahwa sumber penyakit berasal dari darah yang rusak atau mati. Dengan mengeluarkan darah rusak ini melalui bekam maka kesehatan bisa lagi didapatkan, karena tubuh terbebas dari ampas-ampas yang tidak dibutuhkan. Memang di dalam tubuh terdapat sel-sel darah merah yang sudah tua, yang berusia di atas 120 hari. Juga endapan dari unsur-unsur negatif, sisa obat dan polusi kimiawi yang berbagai macam. Darah yang telah rusak ini ikut dalam proses sirkulasi ke seluruh tubuh dan sering mengendap dibagian-bagian tertentu tubuh. Mengendapnya darah rusak di bagian tertentu tubuh mengakibatkan terjadinya sumbatan dan aliran darah menjadi tidak lancar.

Tubuh manusia sebenarnya mempunyai mekanisme alamiah untuk membersihkan diri dari sel-sel darah yang rusak. Misalnya melalui liver, yang berfungsi menghancurkan sel-sel darah merah yang sudah habis masa “tugasnya” dan membersihkan tubuh dari racun. Lalu limpa yang bertugas mengkarantina sel-sel darah merah yang rusak dan menghancurkannya. Sementar sumsum tulang bertugas memproduksi sel-sel darah merah yang baru. Dari sumber lain yang saya dapat bahwa dengan gaya hidup modern yang jauh dari kata sehat ini serta sangat dekat dengan tingkat stess yang tinggi, sering membuat organ tubuh kita yang seharusnya bertugas untuk menghancurkan sel-sel darah merah yang telah tua itu tidak maksimal dalam menjalankan tugasnya.

Bekam diyakini bisa mengeluarkan sel-sel darah merah yang rusak yang berhasil melarikan diri dari karantina limpa. Dalam salah satu hadist, Rasulullah SAW menyatakan, bahwa bekam itu bisa menghilangkan penyakit yang disebabkan oleh ghalabah addam. Para Sahabat ra. yang mulia, sebagaimana biasa, selalu sami’na wa atha’na, dengar dan patuh. Tidak bertanya apa yang dimaksud Nabi SAW dengan ghalabah addam. Ternyata seiring dengan kemajuan dunia medis, ghalabah addam dipahami sebagai endapan sel darah yang telah tua dan abnormal (wallahu a’lam). Kondisi ini yang membuat alirah darah tidak lancar, beku, pekat, kental dan berat. Dalam dunia medis biasa disebut hyperemia. Darah seperti ini sangat membebani kerja liver, jantung, limpa dan sebagainya.

Kajian-kajian tentang bekam banyak dilakukan oleh para dokter yang mengapresiasi pengobatan masa lalu, dari berbagai negara. Dr. Kawa Kurwawa dari Jepang, yang lama meneliti efektivitas bekam, akhirnya berkesimpulan, bahwa endapan darah rusak dan mati adalah sumber penyakit dan bekam dapat menyembuhkannya dan membersihkannya! Subhanallah.........................Benarlah apa yang dikatakan Rasulullah SAW, bahwa bekam bisa menyembuhkan ghalabah addam. Pantas juga beliau memuji juru bekam : “ Sebaik-baik hamba Allah adalah juru bekam. Dia mengeluarkan darah, meringankan dari daging pinggang dan menajamkan penglihatan.” (HR. Ibnu Majah)

Adapun penyakit yang bisa diobati dengan bekam antara lain :
- Kanker tulang dan kanker darah (leukemia)
- Gangguan Jantung
- Ganguan liver, hepatitis (penyakit kuning)
- Kencing manis, batu ginjal, infeksi ginjal
- Darah tinggi (hipertensi)
- Rambut rontok, eksim
- Polip hidung dan sinusitis
- Rematik dan bengkak persendian
- Ganguan pada tulang rawan
- Nyeri tulang belakang dan punggung
- Nyeri pada rongga dada dan perut
- Nyeri kepala, vertigo dan migren
- Melancarkan sirkulasi darah
- Pembesaran kelenjar tiroid (gondok)
- Peradangan saraf
- Tegang otot (kram) dan asam urat
- Depresi, stress, insomnia, dan penyakit psikis lainnya
- Demam thypoid (tipes), maag
- Sumbatan trombos (darah beku) di pembuluh darah otak
- Kesuburan pria dan wanita, keputihan
- Asma dan TBC
- Kolesterol
- Wasil atau ambeien
- HIV (Aids)
- Dan Insya Allah penyakit-penyakit lainnya

Berbekamlah saudara-saudariku...........InsyaAllah bermanfaat.................
Sumber : Buku “ ALLAH SANG TABIB” karangan Dr. H. Briliantono M. Soenarwo.

Read more...

Puasa Sebentar Lagi

>> Selasa, 18 Agustus 2009

Wuihhhhh ternyata dah hampir 2 bln absent di dunia blogger hehe. Sampai alexanya turun dari 2 jtan menjadi 3 jtan . parah hehe. Banyak alasannya sih, tp ceritanya next time aja.

Merdeka !!!!

Mohon Maaf Lahir dan Bathin. InsyaAllah Sabtu ini kita sudah memasuki Ramadhan. Bulan Suci yang penuh dengan Rahmat dan HidayahNya. Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang beruntung. Amin.

Read more...

BULAN RAJAB

>> Rabu, 24 Juni 2009

Hari ini tanggal 1 Rajab 1430 H. Semalam ada tetangga yang mengadakan selamatan 4 bulanan atas kehamilan istrinya. Istrinya yang kebetulan juga ustazah itu langsung mengisi acara dengan materi tentang Bulan Rajab. Diantaranya rahasia bulan Rajab.

Dalam Sabda Rasulullah :

"Sesungguhnya Rajab adalah bulan ALLAH, Sya'ban Adalah bulan aku dan bulan Ramadhan adalah bulan umatku". "Semua manusia akan berada dalam keadaan lapar pada hari kiamat, kecuali para nabi,keluarga nabi dan orang-orang yang berpuasa pada bulan Rajab,
Sya'ban dan bulan Ramadhan”.

Sabda Rasulullah SAW :
"Pada malam Mi'raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril a.s.: "Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini ?" Maka berkata Jibrilb a.s.: "Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk engkau dibulan Rajab ini".

Dalam sebuah riwayat Tsauban bercerita :
"Ketika kami berjalan bersama-sama Rasulullah SAW ke sebuah kubur, lalu
Rasulullah berhenti dan beliau menangis dengan amat sedih, kemudian beliauberdoa kepada ALLAH SWT. Lalu saya bertanya kepada beliau:"Ya Rasulullahmengapakah engkau menangis?" Lalu beliau bersabda :"Wahai Tsauban, mereka itusedang disiksa dalam kubur nya, dan saya berdoa
kepada ALLAH, lalu ALLAH meringankan siksa atas mereka".

Sabda beliau lagi: "Wahai Tsauban, kalaulah sekiranya mereka ini mau berpuasa satu hari dan beribadah satu malam saja di bulan Rajab niscaya merekatidak akan disiksa di dalam kubur."

Tsauban bertanya: "Ya Rasulullah,apakah hanya berpuasa satu hari dan beribadah satu malam dalam bulan Rajab sudah dapat mengelakkan dari siksakubur?" Sabda beliau: "Wahai Tsauban, demi ALLAH Zat yang telah mengutus saya sebagai nabi, tiada seorang muslim lelaki dan perempuan yang berpuasa satu hari dan mengerjakan sholat malam sekali dalam bulan Rajab dengan niat karena ALLAH, kecuali ALLAH mencatatkan baginya seperti berpuasa satu tahun dan mengerjakan sholat malam satu tahun."

Berikut rahasia jika berpuasa dibulan Rajab:

1. Barang siapa yang berpuasa satu hari dalam bulan ini dengan ikhlas,
maka pasti ia mendapat keridhaan yang besar dari ALLAH SWT.

2. Dan barang siapa berpuasa pada tgl 27 Rajab /Isra Mi'raj akan mendapat pahala seperti 5 tahun berpuasa.

3. Barang siapa yang berpuasa dua hari di bulan Rajab akan mendapat kemuliaan di sisi ALLAH SWT.

4. Barang siapa yang berpuasa tiga hari yaitu pada tgl 1, 2, dan 3 Rajab, maka ALLAH akan memberikan pahala seperti 900 tahun berpuasa dan menyelamatkannya dari bahaya dunia, dan siksa akhirat.

5. Barang siapa berpuasa lima hari dalam bulan ini, InsyaAllah permintaannya akan dikabulkan.

6. Barang siapa berpuasa tujuh hari dalam bulan ini, maka ditutupkan tujuh pintu neraka Jahanam dan barang siapa berpuasa delapan hari maka akan dibukakan delapan pintu syurga.

7. Barang siapa berpuasa lima belas hari dalam bulan ini, maka ALLAH akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan menggantikan kesemua kejahatannya dengan kebaikan, dan barang siapa yang menambah (hari-hari puasa) maka ALLAH akan menambahkan pahalanya.

Sebagian ulama mengatakan bahwa Rajab adalah bulan Istighfar. Pada bulan ini pun kita dianjurkan banyak membaca Istighfar kepada Allah SWT. Mintalah ampunan Allah sebanyak mungkin di bulan ini, sebab Allah Maha Pengampun dan Penyayang.


Subhanallah. Robbighfirli warhamni watubb alayya. Mudahan kita termasuk orang-orang yang berfikir. Amin.......

Semoga Bermanfaat

Read more...

Prita dari Email ke Penjara…………………

>> Kamis, 04 Juni 2009


Hanya karena email yang berisi keluhan dan ketidak puasannya pada pelayanan sebuah rumah sakit swasta di wilayah Tangerang, Prita seorang ibu rumah tangga biasa harus di tahan dan berpisah dengan kedua anak2nya yang masih kecil. Prita pun tentu tidak pernah akan menyangka hal ini akan terjadi. Keluhan yang disampaikan via email ke teman2 pribadinya akhirnya menyebar keberbagai miling. Rumah Sakit tersebut tidak terima dengan statement Prita yang menurutnya telah mencemarkan nama baik RS.

Duh miris sekali…..kemana hak bersuara dan berpendapat di negeri Indonesia tercinta ini. Kenapa keluhan Prita tidak dijadikan sebagai bahan introspeksi dalam meningkatkan kualitas pelayanan Rumah Sakit tsb??

Terus terang saya baru ngeh dengan kasus ini kemarin, sewaktu saya membuka facebook dan ada teman yang mengajak joint di komunitas “Dukungan bagi Ibu Prita, Penulis surat keluhan melalui internet yang ditahan”. Setelah saya buka dan baca , saya nggak berpikir dua kali lagi untuk joint dalam komunitas ini.

Menyedihkan………kemana keadilan dinegeri tercinta ini. Hampir 3 minggu Prita harus mendekam di penjara. Sampai akhirnya kemarin sore Prita dikeluarkan dari Lapas Tangerang dengan status tahanan kota. Alhamdulillah masih banyak ternyata di negeri ini masyarakat yang peduli dengan nasib Prita.

Hari ini Prita akan menjalani sidang di Pengadilan, mudahan Allah SWT memberikan jalan kebebasan untuk Prita. Hari ini saya berpuasa, dan Allah berjanji akan mendengarkan do'a orang yang sedang berpuasa. Doaku untuk kebebasanmu Prita.

Selamat berjuang Prita, doa kami selalu menyertaimu.

Read more...

DERITA SI USUS

>> Senin, 25 Mei 2009

Kau lihat gambar yang di sebelah. Itulah penderitaanku yang telah kau tanam sejak dulu. Jika kerak itu di sedot dariku mungkin beratnya sampai 6 kg. Andai saja aku bisa berteriak………….sudah lama aku berteriak. Cukup !!!!!!! jangan kau masukkan lagi makanan dan minuman sampah itu ke dalam tubuhmu. Sudah berapa lama, sudah berapa banyak, kau masukkan junk food, arak yang memabukkan, kafein, makanan kolesterol tinggi………..serta makanan dan minuman tak sehat lainnya. Kau seperti tak puas-puasnya membuat aku menderita. Cukup………..aku sudah terlalu lama menderita.

Tahukan engkau jika aku direntangkan , panjangku lebih dari 6 kali tinggi badanmu. Tapi kau tidak juga pahami deritaku. Belum lama ini suami sepupumu meninggal karena kanker usus. 2 tahun lebih dia berjuang untuk sembuh dari penyakitnya. Kemotherapi yang menyakitkan itu pun telah dia jalani. tapi kanker itu kembali tumbuh dan bersarang lagi di ususnya………..seorang istri cantik dan masih muda serta 2 anak-anak yang masih kecil harus dia tinggalkan……Tidakkah kau sadar juga……….
Belum lama ini mama dari temanmu di vonis kanker usus ………6 kali kemotherapi harus dijalaninya. Entah berapa banyak biaya yang harus dia keluarkan……….
Astaghfirullah al’azim………………..berikan kekuatan kepadanya Ya Allah

Hiks…hiks…..aku ingat bahwa kau di suruh mengunyah makanan 32 kali, jangankan 32 kali 10 kali saja jarang kau lakukan. Kau paksa aku untuk melumatkan makanan itu…..
Terkadang kau malas makan makanan yang berserat, kau malas minum air, kau malas berolah raga, kau pun tidak bantu aku dengan mengkonsumsi obat-obat herbal. Maaf……… aku tidak bisa keluarkan sampah sisa makananmu tiap hari. Maaf……….. karena aku tidak sanggup lagi. Dan maaf……….. terpaksa aroma tidak sedap ini aku bagi bersama organ-organ tubuhmu yang lain. Dan sekali lagi maaf jika sampah ini menumpuk pada dinding-dindingku. Dan beribu maaf ……………bahan karsinogen(penyebab kanker) yang disumbangkan oleh makanan yang kau makan semakin bersemayam dalam dindingku………………….

Lupakah kau akan hadist Rasullullah SAW yang berisi lebih kurang seperti ini :
“Bahwa sumber dari penyakit berasal dari perut………..”
Dan kau pasti tak lupa kalau aku salah satu penghuni perut itu.

Please start from now. Give your extra attention for me. Care about me. Aku bagian dari tubuhmu…….Pls sayangi aku………….

Curhat si Usus

Moga bermanfaat

Read more...

I LOVE BATIK

>> Jumat, 15 Mei 2009

Baju berbahan batik ini sekarang menjadi bagian dari koleksi bajuku. Dulu tak pernah sepotong pun punya baju batik. Tapi sejak batik menjadi trend beberapa tahun silam, saya menjadi sadar ternyata batik oke juga untuk berbagai acara. Dan semakin tersadar dan geram saat Malaysia tetangga serumpun kita sudah lebih dulu mem”patent”kan Batik ini………………. ….Bahkan rendang buatan mama gue juga di patentkan mereka…………….nggak kreatif banget………!!!!!.Jangan-jangan nanti budaya dan seni kita yang lain juga mau di patentkan. Oh………. Indonesian’s Government where are u……..???

Belajar dari pengalaman masa lalu, yuk mulai dari diri kita sendiri untuk mencoba belajar mencintai dan menghargai apa yang kita punya……Batik tidak kalah dengan bahan-bahan baju yang lainnya. Sekarang batik tidak lagi identik dengan daster ibu-ibu… batik udah naik pangkat, buat kondangan bisa, buat kerja bisa, buat jln2 ke mall juga ok….And just to let u know, dari abad XVII nenek moyang kita telah membuat batik yang ditulis dan dilukis pada daun lontar. Walaupun saat itu motif atau pola batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Namun dalam sejarahnya batik mengalami perkembangan, yaitu dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya. Selanjutnya melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini. Dan dulunya batik itu merupakan pakaian raja, keluarga dan pengikutnya loh..........

Yuk bangga dengan berpakaian Batik….I love Batik

Read more...

Total Tayangan Laman

Entri Populer

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP