KAPAL CHENG HO

>> Jumat, 08 Mei 2009

Wisata Air dengan Kapal Cheng Ho akan segera hadir di Batam. Wisata Air yang dikelola oleh pemilik Restaurant Golden Prawn dan Hotel Golden View Batam ini merupakan salah satu wujud partisipasi mereka dalam “Visit Batam 2010”. Kemarin saya menyempatkan diri bersama pemiliknya untuk berkunjung melihat-lihat kapal Cheng Ho ini. Walaupun masih dalam tahap renovasi , secara umum kondisi kapal ini masih bagus.

Laksamana Cheng Ho……. mungkin diantara teman-teman sudah pernah menyimak filmnya di Metro TV. Beliau adalah pelaut yang beragama Islam yang merupakan kepercayaan Kaisar Yongle dari Tiongkok (berkuasa tahun 1403-1424), kaisar ketiga dari Dinasti Ming. Nama aslinya adalah Ma He, juga dikenal dengan sebutan Ma Sanbao, berasal dari provinsi Yunnan. Ketika pasukan Ming menaklukkan Yunnan, Cheng Ho ditangkap dan kemudian dijadikan orang kasim. Ia adalah seorang bersuku Hui, suku bangsa yang secara fisik mirip dengan suku Han, namun beragama Islam.

Dalam sejarahnya Cheng Ho telah melakukan ekpedisi keberbagai daerah di Asia dan Afrika. Cheng Ho mengunjungi kepulauan di Indonesia selama tujuh kali. Ketika ke Samudera Pasai, ia memberi lonceng raksasa "Cakra Donya" kepada Sultan Aceh, yang kini tersimpan di museum Banda Aceh.

Tahun 1415, Cheng Ho berlabuh di Muara Jati (Cirebon), dan menghadiahi beberapa cindera mata khas Tiongkok kepada Sultan Cirebon. Salah satu peninggalannya, sebuah piring yang bertuliskan ayat Kursi masih tersimpan di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Pernah dalam perjalanannya melalui Laut Jawa, Wang Jinghong (orang kedua dalam armada Cheng Ho) sakit keras. Wang akhirnya turun di pantai Simongan, Semarang, dan menetap di sana. Salah satu bukti peninggalannya antara lain Kelenteng Sam Po Kong (Gedung Batu) serta patung yang disebut Mbah Ledakar Juragan Dampo Awang Sam Po Kong.

Cheng Ho juga sempat berkunjung ke Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan raja Wikramawardhana.

Kini kapal Cheng Ho bersandar di Bengkong Laut Batam. Hadir untuk warga kota Batam ha ha………Selamat berlayar dengan kapal Cheng Ho………..

(source wikepedia)

14 komentar:

Xitalho 8 Mei 2009 11.15  

Ups... semakin jauh dah... sejarah mom!! heheheh

BTW buswe... Nice Post...

Dewi Tantri 8 Mei 2009 11.25  

asyik.....nanti kalo jalan2 ke batam elu harus servis gua ya... penyampaian posting ok fie..kagak bosan bacanya..nice

Bunda Jihan 8 Mei 2009 16.08  

he he aman tu wi..........
mas silathol...........biar ngerti sejarah juga gitchu...........

Xitalho 8 Mei 2009 16.38  

gak salah tuh ngeja nama gue... ??

Bunda Jihan 8 Mei 2009 16.59  

silathol kan ?? bukan sitolol ha ha

genialbutuhsomay 8 Mei 2009 21.32  

wuihh mantep nih... sambilan belajar sejarah nih bun :)

ircham 9 Mei 2009 20.42  

ingin menikmati pelayaran masa lampau...

salam kenal bunda...

TRIMATRA 10 Mei 2009 02.59  

batam memang surganya pelancong dan pebisnis...., pingin banget kesana. wallah, kejakarta aja ga mampu kok mau kebatam (hati ini protes!)

waluyo 10 Mei 2009 15.41  

kapan aku bisa ke sana ya....
ingin sih jalan2 tapi mungkin belum waktunya....doain ya semoga bisa

sepur 10 Mei 2009 23.33  

jadi ingat pelajaran smp dulu.
kapan mam ...ajak kita - kita , naik kapalnya???

Bunda Jihan 11 Mei 2009 09.16  

hi hi....kalo harganya masuk budget don't worry pasti di ajak.........

xitalho 13 Mei 2009 01.52  

Saatnya Update keknya nih..
Ssst...malu followernya banyak gitu...
ayo..up..up...semangat..!!

chikal 16 Mei 2009 22.20  

knp banyak yang ngelupain sejarah ya??

Puspita Wulandari 2 Juni 2009 20.23  

Wah jadi pingin ke Batam nih. salam kenal dari Jawa.

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP