HERBA PENAWAR DEMAM

>> Sabtu, 26 Februari 2011


Demam merupakan reaksi tubuh dalam menghadapi ragam gangguan imunitas, maka yang diutamakan dalam menghadapi demam adalah tetap menjaga dan meningkatkan energi serta gizi tubuh, terutama penambahan asupan cairan. Berikut beberapa herbal yang Insya Allah berkhasiat dalam meredakan demam :
1. Madu : 3- 7 sendok makan madu asli yang dicampur dengan segelas air. Minum 3 x sehari
2. Habbatussauda : untuk dewasa 1 sendok teh serbuk habbatussauda. 3 x sehari. Untuk anak-anak 5-7 tetes minyak habbatussauda , 3 x sehari
3. Semangka : 500 – 1000 gr semangka , makan 2 – 3 x sehari
4. Mentimun : konsumsi timun segar atau kompreskan parutan timun
5. Bawang Merah : untuk anak-anak cuci 5 butir bawang merah lalu kupas, kemudian parut dan campur dengan minyak zaitun. Selain minyak zaitun biasanya saya campur dengan minyak but but HPA. Setelah itu balurkan ke tubuh anak terutama bagian ubun2, punggung, perut, paha, lengan dan telapak kaki
6. Labu Air : Juicer labu air, minumkan airnya 3 kali sehari masing-masing ½ gelas. Atau bisa dibuat sayur atau lalapan
7. Minyak zaitun : balurkan ke badan

Perawatan demam panas juga dapat dilakukan dengan cara menempelkan herba-herba yang bersifat dingin. Seperti : daun rambutan, kaca piring, daun bunga raya (kembang sepatu), dll.

Tentu saudara2 bertanya kenapa harus ditempel di perut ? Kita ketahui secara umum bahwa banyak penyakit yang berasal dari perut, seperti hadist Rasulullah bahwa sumber dari segala macam sumber penyakit berasal dari perut. Mekanisme penyembuhan dapat terjadi dalam keadaan perut tidak terlalu panas. Sel T dan Sel – sel B akan menjadi lebih aktif apabila daerah perut didinginkan.

Satu lagi tips yang menurut saya sangat kontroversi dengan yang selama ini orang tua kita ajarkan yaitu ternyata mandi dapat meredakan demam. Sejak saya mengetahui bahwa mandi dapat meredakan demam, maka sewaktu anak2 demam saya tidak ragu2 lagi untuk memandikan mereka. Hadist Rasulullah diriwayatkan dalam kitab Shahih Al Bukhari dan Muslim, dari Nafi' dari Ibnu Umar bahwa Nabi bersabda : " Sesungguhnya demam itu atau demam yang berat itu berasal dari uap api jahannam , maka dinginkanlah dengan air ".

Note :
Sel T adalah sel di dalam salah satu grup sel darah putih yang diketahui sebagai limfosit dan memainkan peran utama pada kekebalan selular. Sel T mampu membedakan jenis patogen dengan kemampuan berevolusi sepanjang waktu demi peningkatan kekebalan setiap kali tubuh terpapar patogen. Hal ini dimungkinkan karena sejumlah sel T teraktivasi menjadi sel T memori dengan kemampuan untuk berkembangbiak dengan cepat untuk melawan infeksi yang mungkin terulang kembali. Kemampuan sel T untuk mengingat infeksi tertentu dan sistematika perlawanannya, dieksploitasi sepanjang proses vaksinasi, yang dipelajari pada sistem kekebalan tiruan.
Sel B adalah limfosit yang memainkan peran penting pada respon imun humoral yang berbalik pada imunitas selular yang diperintah oleh sel T. Fungsi utama sel B adalah untuk membuat antibodi melawan antigen. Sel B adalah komponen sistem kekebalan tiruan.

Semoga Bermanfaat.....

Sumber Tabloid Bekam dan Buku Siri Perubatan Jawi HPA serta wikipedia Indonesia

1 komentar:

Ania 27 Desember 2014 11.50  

Salam kenal! Saya dari team Kumpulbagi.
Jika Anda mau share dan download files dengan gampang kunjungi page kami di: www.kumpulbagi.com
Semuanya gratis, cepat dan tanpa limitasi. Anda bisa upload sebanyak files (audio, video, pdf, jpg, dll.), membuat koleksi berkas dan bagikan dengan lainya.
Coba servis kami tanpa registrasi:)

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP