BERBEKAMLAH.............................

>> Sabtu, 09 Oktober 2010

Setiap teman dan keluarga yang saya rekomendasikan untuk menjalankan sunnah Rasul yang satu ini, pada awalnya selalu berkomentar seperti ini “ ihh sakit nggak tuh, kan banyak darah yang keluar” atau “ saya takut dan nggak kuat tengok darah”, dan komentar-komentar lainnya. Sama seperti komentar saya sebelum mengenal bekam. Tapi setelah membaca dan mempelajari manfaat yang luar biasa dari berbekam, semua keraguan dan sedikit rasa sakit yang terasa saat jarum bekam mulai menusuk bagian kulit saya, menjadi hal yang tidak perlu ditakuti lagi.

Alhamdulillah sekali sebulan saya rutin berbekam. Dan mulai banyak teman dan keluarga saya yang merasakan manfaat berbekam.

Banyak sekali hadis yang membicarakan keistimewaan bekam. Seperti yang dikutip dalam buku karangan Dr. H. Briliantono M. Soenarwo seorang dokter spesialis bedah ortopedi “ ALLAH SANG TABIB” :

1. “ Malaikat Jibril telah memberitahuku, bahwa hijamah (bekam) adalah obat yang paling bermanfaat bagi manusia.”
2. “ Tidak ada obat yang bisa diseterakan dengan berbekam dan mengeluarkan darah.”
3. “ Dalam hijamah mengandung obat penyembuh.”
4. “ Sesungguhnya sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah berbekam.”
5. “ Pada malam aku di-isra’kan, aku tidak melewati sekelompok malaikat kecuali mereka mengatakan “ Hai Muhammad, suruhlah umatmu untuk melakukan bekam!.....”.
6. “ Berbekam mengandung obat dan keberkahan, serta menambah kuat hafalan dan pemahaman”.

Konsep pengobatan dengan bekam sesungguhnya sangat sederhana. Yakni meyakini bahwa sumber penyakit berasal dari darah yang rusak atau mati. Dengan mengeluarkan darah rusak ini melalui bekam maka kesehatan bisa lagi didapatkan, karena tubuh terbebas dari ampas-ampas yang tidak dibutuhkan. Memang di dalam tubuh terdapat sel-sel darah merah yang sudah tua, yang berusia di atas 120 hari. Juga endapan dari unsur-unsur negatif, sisa obat dan polusi kimiawi yang berbagai macam. Darah yang telah rusak ini ikut dalam proses sirkulasi ke seluruh tubuh dan sering mengendap dibagian-bagian tertentu tubuh. Mengendapnya darah rusak di bagian tertentu tubuh mengakibatkan terjadinya sumbatan dan aliran darah menjadi tidak lancar.

Tubuh manusia sebenarnya mempunyai mekanisme alamiah untuk membersihkan diri dari sel-sel darah yang rusak. Misalnya melalui liver, yang berfungsi menghancurkan sel-sel darah merah yang sudah habis masa “tugasnya” dan membersihkan tubuh dari racun. Lalu limpa yang bertugas mengkarantina sel-sel darah merah yang rusak dan menghancurkannya. Sementar sumsum tulang bertugas memproduksi sel-sel darah merah yang baru. Dari sumber lain yang saya dapat bahwa dengan gaya hidup modern yang jauh dari kata sehat ini serta sangat dekat dengan tingkat stess yang tinggi, sering membuat organ tubuh kita yang seharusnya bertugas untuk menghancurkan sel-sel darah merah yang telah tua itu tidak maksimal dalam menjalankan tugasnya.

Bekam diyakini bisa mengeluarkan sel-sel darah merah yang rusak yang berhasil melarikan diri dari karantina limpa. Dalam salah satu hadist, Rasulullah SAW menyatakan, bahwa bekam itu bisa menghilangkan penyakit yang disebabkan oleh ghalabah addam. Para Sahabat ra. yang mulia, sebagaimana biasa, selalu sami’na wa atha’na, dengar dan patuh. Tidak bertanya apa yang dimaksud Nabi SAW dengan ghalabah addam. Ternyata seiring dengan kemajuan dunia medis, ghalabah addam dipahami sebagai endapan sel darah yang telah tua dan abnormal (wallahu a’lam). Kondisi ini yang membuat alirah darah tidak lancar, beku, pekat, kental dan berat. Dalam dunia medis biasa disebut hyperemia. Darah seperti ini sangat membebani kerja liver, jantung, limpa dan sebagainya.

Kajian-kajian tentang bekam banyak dilakukan oleh para dokter yang mengapresiasi pengobatan masa lalu, dari berbagai negara. Dr. Kawa Kurwawa dari Jepang, yang lama meneliti efektivitas bekam, akhirnya berkesimpulan, bahwa endapan darah rusak dan mati adalah sumber penyakit dan bekam dapat menyembuhkannya dan membersihkannya! Subhanallah.........................Benarlah apa yang dikatakan Rasulullah SAW, bahwa bekam bisa menyembuhkan ghalabah addam. Pantas juga beliau memuji juru bekam : “ Sebaik-baik hamba Allah adalah juru bekam. Dia mengeluarkan darah, meringankan dari daging pinggang dan menajamkan penglihatan.” (HR. Ibnu Majah)

Adapun penyakit yang bisa diobati dengan bekam antara lain :
- Kanker tulang dan kanker darah (leukemia)
- Gangguan Jantung
- Ganguan liver, hepatitis (penyakit kuning)
- Kencing manis, batu ginjal, infeksi ginjal
- Darah tinggi (hipertensi)
- Rambut rontok, eksim
- Polip hidung dan sinusitis
- Rematik dan bengkak persendian
- Ganguan pada tulang rawan
- Nyeri tulang belakang dan punggung
- Nyeri pada rongga dada dan perut
- Nyeri kepala, vertigo dan migren
- Melancarkan sirkulasi darah
- Pembesaran kelenjar tiroid (gondok)
- Peradangan saraf
- Tegang otot (kram) dan asam urat
- Depresi, stress, insomnia, dan penyakit psikis lainnya
- Demam thypoid (tipes), maag
- Sumbatan trombos (darah beku) di pembuluh darah otak
- Kesuburan pria dan wanita, keputihan
- Asma dan TBC
- Kolesterol
- Wasil atau ambeien
- HIV (Aids)
- Dan Insya Allah penyakit-penyakit lainnya

Berbekamlah saudara-saudariku...........InsyaAllah bermanfaat.................
Sumber : Buku “ ALLAH SANG TABIB” karangan Dr. H. Briliantono M. Soenarwo.

2 komentar:

sepur 14 November 2010 11.14  

ikutan bekam ah....

chikal 16 Januari 2011 02.51  

kangen nih ga mampir kesini..
ada ga ya si bunda nya????

Total Tayangan Halaman

Entri Populer

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP