BULAN RAJAB

>> Rabu, 24 Juni 2009

Hari ini tanggal 1 Rajab 1430 H. Semalam ada tetangga yang mengadakan selamatan 4 bulanan atas kehamilan istrinya. Istrinya yang kebetulan juga ustazah itu langsung mengisi acara dengan materi tentang Bulan Rajab. Diantaranya rahasia bulan Rajab.

Dalam Sabda Rasulullah :

"Sesungguhnya Rajab adalah bulan ALLAH, Sya'ban Adalah bulan aku dan bulan Ramadhan adalah bulan umatku". "Semua manusia akan berada dalam keadaan lapar pada hari kiamat, kecuali para nabi,keluarga nabi dan orang-orang yang berpuasa pada bulan Rajab,
Sya'ban dan bulan Ramadhan”.

Sabda Rasulullah SAW :
"Pada malam Mi'raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lalu saya bertanya pada Jibril a.s.: "Wahai Jibril untuk siapakan sungai ini ?" Maka berkata Jibrilb a.s.: "Ya Muhammad sungai ini adalah untuk orang yang membaca salawat untuk engkau dibulan Rajab ini".

Dalam sebuah riwayat Tsauban bercerita :
"Ketika kami berjalan bersama-sama Rasulullah SAW ke sebuah kubur, lalu
Rasulullah berhenti dan beliau menangis dengan amat sedih, kemudian beliauberdoa kepada ALLAH SWT. Lalu saya bertanya kepada beliau:"Ya Rasulullahmengapakah engkau menangis?" Lalu beliau bersabda :"Wahai Tsauban, mereka itusedang disiksa dalam kubur nya, dan saya berdoa
kepada ALLAH, lalu ALLAH meringankan siksa atas mereka".

Sabda beliau lagi: "Wahai Tsauban, kalaulah sekiranya mereka ini mau berpuasa satu hari dan beribadah satu malam saja di bulan Rajab niscaya merekatidak akan disiksa di dalam kubur."

Tsauban bertanya: "Ya Rasulullah,apakah hanya berpuasa satu hari dan beribadah satu malam dalam bulan Rajab sudah dapat mengelakkan dari siksakubur?" Sabda beliau: "Wahai Tsauban, demi ALLAH Zat yang telah mengutus saya sebagai nabi, tiada seorang muslim lelaki dan perempuan yang berpuasa satu hari dan mengerjakan sholat malam sekali dalam bulan Rajab dengan niat karena ALLAH, kecuali ALLAH mencatatkan baginya seperti berpuasa satu tahun dan mengerjakan sholat malam satu tahun."

Berikut rahasia jika berpuasa dibulan Rajab:

1. Barang siapa yang berpuasa satu hari dalam bulan ini dengan ikhlas,
maka pasti ia mendapat keridhaan yang besar dari ALLAH SWT.

2. Dan barang siapa berpuasa pada tgl 27 Rajab /Isra Mi'raj akan mendapat pahala seperti 5 tahun berpuasa.

3. Barang siapa yang berpuasa dua hari di bulan Rajab akan mendapat kemuliaan di sisi ALLAH SWT.

4. Barang siapa yang berpuasa tiga hari yaitu pada tgl 1, 2, dan 3 Rajab, maka ALLAH akan memberikan pahala seperti 900 tahun berpuasa dan menyelamatkannya dari bahaya dunia, dan siksa akhirat.

5. Barang siapa berpuasa lima hari dalam bulan ini, InsyaAllah permintaannya akan dikabulkan.

6. Barang siapa berpuasa tujuh hari dalam bulan ini, maka ditutupkan tujuh pintu neraka Jahanam dan barang siapa berpuasa delapan hari maka akan dibukakan delapan pintu syurga.

7. Barang siapa berpuasa lima belas hari dalam bulan ini, maka ALLAH akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan menggantikan kesemua kejahatannya dengan kebaikan, dan barang siapa yang menambah (hari-hari puasa) maka ALLAH akan menambahkan pahalanya.

Sebagian ulama mengatakan bahwa Rajab adalah bulan Istighfar. Pada bulan ini pun kita dianjurkan banyak membaca Istighfar kepada Allah SWT. Mintalah ampunan Allah sebanyak mungkin di bulan ini, sebab Allah Maha Pengampun dan Penyayang.


Subhanallah. Robbighfirli warhamni watubb alayya. Mudahan kita termasuk orang-orang yang berfikir. Amin.......

Semoga Bermanfaat

12 komentar:

si embah 24 Juni 2009 09.59  

wah mau-mau!!!
nee baru informasi yang bagus!

About Samarinda 24 Juni 2009 10.39  

Alhamdulillah....ternyata kemuliaan Rajab begitu besar yaaa....

Xitalho 24 Juni 2009 11.32  

Ketigax deh gw.....

Nice Post... "Subhanallah. Robbighfirli warhamni watubb alayya."

mama hilda 27 Juni 2009 00.14  

Nice post mbak, memang banyak keutamaan bulan Rajab. Semoga kita dapat mengamalkan amalan-amalan bulan Rajab dengan sebaik-baiknya.
Inspiring post..

kir31 30 Juni 2009 16.37  

banyak hikmah dibulan rajab ya,,,

semoga kita disampaikan pada bulan ramadhan yang penuh berkas ya,,amiin..

genial 3 Juli 2009 04.37  

Rasulullah saw bersabda:

“Bulan Rajab adalah bulan Allah Yang Maha Agung, tak ada bulan yang dapat menandingi keutamaannya. Di dalamnya diharamkan berperang dengan orang-orang kafir, karena bulan Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan ummatku. Barangsiapa yang berpuasa sehari saja di dalamnya, maka wajib baginya memperoleh ridha Allah, dijauhkan dari murka-Nya, dan diselamatkan dari semua pintu neraka.” (Mafatihul Jinan, bab 2: 131)

chikal 6 Juli 2009 19.00  

ga terasa ya dikit lagi sa'ban trus ramadhan lagi nih.. persiapan euuy..

chikal 11 Juli 2009 03.20  

saatnya deketin diri ma Sang Pencipta eeeuuyy....
dah masuk salah satu dari 4 bulan yang di hormati Allah niih

Fajar 21 Juli 2009 11.24  

bagus sekali......nice post...ketika pelaksanaan sholat tidak sebatas kewajiban,,,melainkan semata-mata karena cinta kita kepada Allah SWT.... salam kenal bunda jihan...

waluyo 27 Juli 2009 09.38  

Tapi kira-kira kenapa ya Bu kok diberi nama bulan rajab? kalau romadlan kan ada maksudnya

chikal 27 Juli 2009 14.05  

kmn aja bu??

si embah 10 Agustus 2009 22.58  

sebentar lagi bulan yang paling di tunggu seluruh umat muslim yang ada di seluruh dunia..
alhamdulillah kita masih di beri umur untuk menikmatinya..

Total Tayangan Laman

Entri Populer

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP